Sikat Gigi Malam Sebelum Tidur Cegah Gigi Berlubang

Yoona Wallpaper-57

Vemale.com – Sebuah survei tentang perilaku menyikat gigi sebelum tidur di Indonesia memberikan hasil mengejutkan. 46% responden hanya menyikat gigi sekali sehari dengan frekuensi terbanyak dilakukan hanya pada saat mandi pagi.

Pada prinsipnya sikat gigi itu wajib dilakukan setelah selesai makan agar semua sisa makanan yang terselip di antara sela gigi bisa tersapu bersih. Apabila sisa makanan menempel pada gigi untuk jangka waktu lama, selain dapat menyebabkan mulut menjadi bau, sisa makanan tersebut juga dapat menjadi bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

Untuk sikat gigi malam, sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena saat tidur, produksi air liur dalam mulut kita akan berkurang. Air liur mengandung antibakteri alami sebagai pembunuh kuman. Namun, karena tidak adanya aktivitas dalam mulut pada malam hari terutama pada saat tidur, maka produksi air liur kita akan menurun secara drastis.

Apabila tidak menyikat gigi malam tepat sebelum tidur, maka kita telah membiarkan  kuman yang berada dalam mulut menjadi bebas berkembang biak. Akibatnya, gigi jadi cepat rusak, gusi lebih cepat meradang. Selain itu, kebiasaan tidak menyikat gigi malam tepat sebelum tidur juga dapat menyebabkan  bau mulut menjadi tidak segar saat bangun pagi.

Sebagaimana orang dewasa, kesehatan gigi dan mulut si kecil pun juga penting untuk diperhatikan, agar kerusakan yang terjadi pada gigi susu saat kecil, tidak terbawa ke gigi permanen yang akan tumbuh saat mereka dewasa nanti, karena gigi susu merupakan panduan dan pembuka jalan bagi tumbuhnya gigi tetap. Jadi, jika kita memiliki kebiasaan menyikat gigi setiap mandi pagi dan sore hari, tambahlah satu kebiasaan lagi yaitu menyikat gigi sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s